Yahudi dan Israel


Berbincang tentang negara Israel sebagai aktor utama pergolakan timur tengah tentu tak akan bisa dipisahkan dengan peisbatan agama Yahudi sebagai rangkaian trilogi agama samawi. Yahudi adalah agama yang diturunkan oleh Tuhan kepada Nabi Musa dan diajarkan kepaa bani Israel engan taurat sebagai kitab sucinya yang eseninya terletak pada sepuluh perintah tuhan.

Dari sinilah dikatakan bahasahnya agama yahudi merupakan termasuk agama samawi dimana ajaran agama tersebut bersumber langsung dari ilahi, sebagaimana agama Islam dan Kristen. Lantas mengapa penggiat Yahudi justru kerap melenceng akan moralitas kepada umat lain seperti halnya ekspansi Yerussalem yang melahirkan tindak kekerasan pada Palestina, sebuah pertanyaan yang harus dijawab dengan kronologis lengkap berdasarkan fakta masa lalu pula, termasuk pula pada doktrin Yahudi.

Untuk mengetahui apa sebenarnya agama Yahudi itu, lalu apa doktrin ajarannya, selengkapnya baca makalah tentang agama Yahudi yang telah pribadi susun bersama sahabat seperjuangan dalam tugas perkuliahan. 

Download di link berikut:

1 . Makalah Agama Yahudi

2. Makalah Perbandingan Toleransi Yahudi - Islam

Lihat juga:

Israel vis a vis Palestina (Bagian 1)

Tidak ada komentar

Terima kasih atas masukan anda.