Sekilas: Sosok Kyai Najib Abdul Wahab, Sang Perestu Pergerakan Santri Tambakberas


Almaghfurrullah Kyai Najib Wahab (Paling Kiri) bersama para masyayikh PPBU

Almaghfurullah KH. Najib Abdul Wahab (w.1987) merupakan Majlis Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum. Menjabat pasca Almaghfurullah Kyai Abdul Fatah Hasyim wafat di tahun 1977.

Tokoh yang juga pernah menjabat sebagai sebagai Ro’is Syuriah PWNU ditahun  yang sama ini juga merupakan salah satu tokoh yang, menghidupkan Al-Ma’had Al-Aly menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) di tahun 1985. Dengan menunjuk Drs. KH. Moh. Syamsul Huda As, SH.,M.HI sebagai ketua. 

Adapun bagi para alumni Bahrul 'Ulum sendiri, Almaghfurullah KH. Najib Abdul Wahab merupakan sosok yang terbilang penting. 

Dawuh beliau kepada para Mahasiswa Malang alumni Bahrul ‘Ulum angkatan 1980-an yang berisi anamat untuk menjaga dan merawat adik-adik alumni yang berada di Malang merupakan fenomena yang menjadi latar belakang berdirinya HIMMABA (Himpunan Mahasiswa Malang Alumni Bahrul 'Ulum) di tahun 1983.

Diprakarsai beberapa tokoh seperti Sutiaji, Taufiq Djalil, Ahmad Rofi’uddin, M. Thohir, dan lain sebagainya. Hingga pada akhirnya bedirinya HIMMABA di Malang mendapat sambutan positif alumni Bahrul 'Ulum di berbagai daerah .

Puncaknya berlanjut hingga lahir organisasi serupa seperti HIMABU di Jogja, IMABAYA di Surabaya, HIMABI di Jakarta, HIMAJU di Jember, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar

Terima kasih atas masukan anda.