GALERI: 15 Organisasi Alumni Bahrul 'Ulum, Siapa Berikutnya ?

Salah satu temu anggota di salah satu OMABU
OMABU, kependekan dari organisasi mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum, Sebuah istilah yang penulis gunakan untuk menyebut berbagai organisasi mahahasiswa berbasis alumni Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang yang menjamur diberbagai daerah, mengingat sampai saat ini perkembangan organisasi alumni Bahrul ‘Ulum khususnya mahasiswa sangat meningkat seiring dengan munculnya berbagai kelompok yang mengatas namakan organisasi mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum. Berikut ini kami paparkan beberapa organisasi alumni yang berafiliasi dengan pondok pesantren Bahrul ‘Ulum baik itu yang sudah jelas legalitas formilnya (dalam artian sudah punya aturan main, kepengurusan, hingga program) atau yang hanya masih sebatas perkumulan non formal saja.

1.    IKABU

Logo IKABU
Merupakan kependekan dari “Ikatan Keluarga Alumni Bahrul ‘Ulum,”, sebuah induk resmi organisasi alumni Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum yang memiliki wewenang pengelolaan alumni Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum pada berbagai bidang. Salah satu latar belakang pendirian IKABU di tahun 2007 yaitu adanya tuntutan dari beberapa kalangan alumni kepada pihak Yayasan Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum untuk memprakarsasi pembentukan sebuah badan resmi alumni Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum yang berada di struktural Yayasan. Hasilnya pada tahun 2007 melalui amanat Almaghfurullah KH. Amanullah RA sebagai majlis pengasuh PPBU (Pondok Pesan tren Bahrul ‘Ulum) dan Almaghfurullah KH. Taufiqurrohman Fattah sebagai ketua YPPBU (Yayasan Pondok Pesan tren Bahrul ‘Ulum) disepakatilah pendirian IKABU (Ikatan Keluarga Alumni Bahrul ‘Ulum) sebagai organisasi yang berperan menghimpun dan merangkul seluruh alumni PPBU dari segala kalangan. Melalui rapat perdana IKABU yang juga dilaksanakan pada 2007 terpilihlah (Alm) In’am Sulaiman sebagai ketua IKABU periode pertama. Salah satu gebrakan besar peiode pertama ini adalah gagasan menyatukan alumni Bahrul ‘Ulum yang akhirnya terwujud melalui kegiatan “Silaturrohmi Nasional (SILATNAS)”, dimana kegiatan tersebut dilaksanaan dilaksanakan menjelang puncak Haflatul Kubra Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum.

Mengacu pada AD-ART IKABU, Sktruktur kepengurusan IKABU terdiri dari kepengurusan pusat yang berinduk di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang, Pengurus Cabang di Kabupaten / kota, dan Anak Cabang di Kecamatan. Selain itu juga terdapat beeberapa badan otonom dari IKABU yang bertugas menangani bidang khusus

2.    FORMABU

FORMABU merupakan kependekan dari Forum Mahasiswa Alumni Bahrul ‘Ulum, sebuah Badan Otonom dari IKABU yang mempunyai peran menangani para alumni yang berstatus sebagai mahasiswa di sebuah perguruan tinggi. Organisasi ini dibentuk pada 14 Juni 2015 di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Adapun ide pendirian FORMABU bermula keinginan Gus Taufiq Djalil selaku ketua IKABU Periode 2011-2015 untuk menyatukan organisasi-organisasi mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum yang menjamur diberbagai daerah-daerah sepertihalnya HIMMABA di Malang, HIMABU di Yogyakarta, IMABAYA di Surabaya, HIMABI di Jakarta dan lain sebagainya. 

Logo FORMABU

Ide tersebut pun terwujud dengan terlaksanakannya Kongres Nasional seluruh mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum diberbagai  wilayah yang bertepatan dengan Haflatul Kubra Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum. Selain mengemban tugas untuk menyusun AD-ART dan kebijakan umum organisasi, Kongres Nusantara HIMA - BU juga mempunyai tugas untuk memilih ketua umum organisasi yang akan dibentuk tersebut. Hingga akhirnya terpilihlah M. Riris El Yusi (Delegasi HIMMABA) sebagai ketua umum FORMABU Periode 2015-2017 mengungguli Faiz Ahmad Nuzuliansyah (Delegasi HIMAJU).

3.    HIMABU Jogja
Logo HIMAJU Jogja

HIMABU Jogja merupakan kependekan dari Himpunan Mahasiswa Alumni Bahrul ‘Ulum Yogyakarta dan sekitarnya. Secara struktural organisasi ini merupakan bagian dari badan otonom IKABU melalui FORMABU yang menjadi kepengurusan Pusat. Organisasi ini didirikan sekitar tahun 1980-an pasca didirikan organisasi serupa di Malang dengan nama HIMMABA.






4.    HIMABI
HIMABI Jakarta

Dokumen organisasi HIMABI mengatakan bahwa organisasi ini berdiri sekitar tahun 90-an dengan nama “HIMABU Jaya” yang diketuai oleh Qosim dan Rabiatul Adawiyah (Putri KH. Manarul Hidayah) sebagai sekretarisnya. Kemudian sekitar tahun 1995-1996 HIMABU Jaya resmi berubah namanya menjadi HIMABI (Himpunan Alumni Bahrul ‘Ulum Ibukota) yang digalang beberapa tokoh seperti Syuhri, Gatot,  Ainul, Anang, dan lain sebagainya. Setelah itu pada musyawarah besar yang dilaksanakan tanggal 07 November 2015  HIMABI mengalami perubahan dalam hal singkatan menjadi (Himpunan Mahasiswa Alumni Bahrul ‘Ulum Ibukota)



5.    HIMAJU
HIMAJU Jember

Merupakan kependekan dari Himpunan Mahasiswa Jember Bahrul ‘Ulum, salah satu organisasi mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum di Jawa Timur. Organisasi ini resmi berdiri pada 24 September 2012 namun baru tahun 2014 HIMAJU resmi memiliki AD-ART sendiri. Barulah setelah adanya FORMABU sistem AD-ART HIMAJU berubah istilah menjadi PD-PRT.





6.    HIMMABA
Logo HIMMABA Malang

Kependekan dari Himpunan Mahasiswa Malang Alumni Bahrul ‘Ulum, sebuah organisasi mahasiswa alumni Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum di Malang Raya. HIMMABA merupakan organisasi mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum tertua dari berbagai organisasi alumni lain di berbagai daerah. 


Organisasi ini didirikan pada tanggal 13 Desember 1983 yang dipelopori oleh para tokoh seperti Sutiaji (Wakil  Wali kota Malang tahun 2014-2018), Rofi’uddin (Rektor Universitas Negeri Malang), Abdur Rosyad (Pengasuh Pondok Pesantren sendang duwur Lamongan), hingga Taufiq Djalil (Ketua IKABU Periode 2011-2015). Berdirinya HIMMABA sebagai oganisasi amanat masyaikh PPBU diikuti dengan berdirinya organisasi serupa di daerah lain seperti HIMABU di Jogja, IMABAYA di Surabaya, HIMABI di Jakarta, hingga HIMAJU di Jember.


7.    HIMKABU
HIMKABU Kediri

Kependekan dari Himpunan Mahasiswa Kediri Alumni Bahrul ‘Ulum, sebelumnya organisasi ini bernama HISAB Kediri (Himpunan     Santri Bahrul ‘Ulum) yang mulai merambah pada rana himpunan alumni di awal tahun 2012. Pada tanggal 19 – 20 Desember 2015 di Pondok Pesantren Banin Banat Al Mubtadi’in Ngadiluwih Badal Kediri dilaksanakanlah Kongres pertama mahasiswa Kediri alumni Bahrul ‘Ulum seiring dengan berdirinya FORMABU sebagai induk organisasi mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum guna mengkontruksi kembali HISAB Kediri, alhasil melalui musyawarah tersebut diputuskanlah perubahan nama HISAB Kediri menjadi HIMKABU Kediri.


Perubahan nama dari HISAB menjadi HIMKABU juga di latar belakangi himbauan para alumni dan pembina organisasi HISAB yang menilai nama HISAB tidak relevan dengan kondisi organisasi yang notabenenya adalah alumni, mengingat organisasi santri Bahrul ‘Ulum merupakan organisasi daerah yang dikomandoi oleh HISBU (Himpunan Santri Bahrul ‘Ulum). Adapun sebelumnya HISAB telah mendeklarasikan diri mendukung pendirian FORMABU alhasil perubahan dari nama HISAB ke HIMKABU menjadi salah satu solusi kejelasan struktur organisasi.


8.    HIMTA BU

Kependekan dari Himpunan Mahasiswa Tulungagung Alumni Bahrul ‘Ulum, organisasi ini dulunya bernama HIMABAT (Himpunan Mahasiswa Alumni Bahrul ‘Ulum Tulungaggung) yang didirikan pada awal tahun 2015-an. Namun pasca terbentuknya FORMABU dilaksanakanlah musyawarah besar yang salah satu hasil musyawarah adalah penggantian nama HIMABAT ke HIMTA BU pada akhir 2015. Berdirinya HIMTA BU  diharapkan mampu mengawal para alumni Pesantren Bahrul ‘Ulum di Tulungagung yang selama ini kurang terorganisir.

9.    HIMABARA

Sebutan bagi Himpunan Mahasiswa Alumni Bahrul ‘Ulum di Madura, sebuah cabang FORMABU yang terbentuk ditahun 2015. Berdirinya HIMABARA dilatarbelakangi kurangnya komunikasi antar IKABU selaku induk organisasi alumni terbesar PPBU dengan para alumninya yang berasal dari Madura terutama para mahasiswa.

10.    HIMAPUTA

Sepertihalnya HIMABARA (Mahasiswa Alumni Bahrul ‘Ulum di Madura), HIMABUTA yang merupakan kependekan dari Himpunan Mahasiswa  Bahrul ‘Ulum Pulau Dewata juga lahir di awal tahun 2015. Berdirinya HIMAPUTA diharapkan mampu merangkul alumni Bahrul ‘Ulum yang tersebar di wilayah Bali

11.    HIMABAS

Kependekan dari Himpunan Mahasiswa Alumn Barul ‘Ulum Semarang, sebuah basis perkumpulan mahasiswa alumni Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas di Kota Semarang. Organisasi ini resmi berdiri sekitar awal 2017 yang mana tujuan berdirinya sama sepertihalnya organisasi alumni pesantren lainnya yakni menjaga nilai tradisi luhur pesantren dalam konteks liberalism dunia kampus.

12.     IMABARA

Kependekan dari Ikatan Alumni Bahrul ‘Ulum Bandung Raya, sebuah perkumpulan alumni Bahrul ‘Ulum yang berbasis di Bandung Raya. Organisasi ini resmi berproses sebagai cabang FORMABU pada tahun 2017.

13.    IMABAYA
IMABAYA Surabaya

 Ikatan Mahasiswa Alumni Bahrul ‘Ulum Surabaya (IMABAYA) merupakan salah satu wadah organisasi mahasiswa alumni bahrul ‘Ulum yang lanjut study (kuliah) di surabaya yang terus bercita-cita mengabdi pada masyarakat dengan mensyi’arkan akidah Islam Ahlussunnah wal Jamaah sebagaimana yang diperjuangkan oleh KH. Wahab Hasbullah. 


IMABAYA berdiri pada tanggal 10 bulan oktober tahun 1985 dengan latar belakang peduli terhadap perkembangan agama islam di masyarakat dan tetap melestarikan budaya Nahdlatul ‘Ulama. Pendirian IMABAYA dimotori oleh kalangan alumni santri Bahrul ‘Ulum yang kuliah di Surabaya. Fakta yang ada IMABAYA pernah menjadi salah satu organisasi terbesar di kampus IAIN yang sekarang menjadi UIN Sunan Ampel Surabaya.

14.    FISMABA

 FISMABA (Forum Informasi Silaturrahmi Mahasiswa dan Alumni Bahrul ‘Ulum) merupakan penyebutan bagi perkumpulan mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum yang sedang berstudi di luar negeri, hingga saat ini telah terbentuk beberapa perkumpulan FISMABA diberbagai negara mulai dari FISMABA Mesir, Arab Saudi, Yaman, hingga Yordania. Akan tetapi berdasarkan catatan historis, FISMABA dilahirkan oleh mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum yang ada di Kairo Mesir pada tahun 1999. 



FISMABA
Organisasi ini didirikan di daerah abdur rasul, di kediaman saudari Nadia Jirjis Lc, tidak lebih dari 15 orang yang menghadiri kelahiran FISMABA mengingat FISMABA ketika itu tidaklah lebih dari sekedar wadah berkumpulnya teman-teman sesama mutakhorrijin Tambakberas dalam berbagai acara semacam tahlilan, tasyakuran dan sejenisnya. Namun bermula dari sebuah kesederhanan itulah, akhirnya wajah FISMABA tahap demi tahap telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. FISMABA memfokuskan rana gerak dalam bidang sosial kemasyarakatan mengacu pada surat keterangan yang dikeluarkan oleh YPPBU bernomor 04/B/Y/PPBU/VII/2003 dengan ditanda tangani oleh Almaghfurullah KH Ach. Taufiqurrohman Fattah. Bagi FISMABA surat tersebut juga menjadi sebuah legalitas organisasi dimata Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum.

 Diantara tokoh yang berperan dalam pengembangan FISMABA diawal perjalanan seperti Nur Fatah ketua pertama yang dipilih secara aklamasi ala NU, Ahmad Kasban ketua tahun 2002 yang melahirkan bulletin “Teras”, Tamim Asyhar ketua tahun 2003-2005 yang membuat FISMABA diterima secara resmi sebagai salah satu organisasi almamater resmi dibawah naungan PPMI Mesir, Ahmad Amiruddin ketua tahun 2005-2006, serta Mukhlis Yusuf Arbi ketua 2006-2007. Kemudian di penghujung tahun 2006 bertempat di Griya Jateng tanggal 25 Agustus 2006, FISMABA mengadakan musyawarah untuk yang ketiga kalinya. Ditahun inilah pembenahan AD/ART  mulai diperhatikan.

15.    IKAMANTAB

Kependekan dari Ikatan Keluarga Alumni MAN Tambakberas Jombang, salah satu lembaga pendidikan formal yang berada di naungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Awalnya organisasi ini didirkikan atas request dari pihak stekholder MAN Tambakberas kepada beberapa alumni yang tersebar dibeberapa daerah guna memudahkan untuk penjaringan dan penghubung ikatan silahurrahim antar alumni. 

IKAMANTAB
Akhirnya pada tanggal 25 September 2016  melalui pertemuan yang diadakan beberapa alumni dari berbagai angkatan mulai 1980-2015 yang dilaksanakan di  Gedung Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang disepakatilah berdirinya sebuah organisasi bernama IKAMANTAB dengan Drs. H. Sutiaji sebagai ketua terpilih, dimana nantinya akan berjuang bersama IKABU dalam mengembangkan sayap alumni.




Sumber: Antologi HIMMABA (2016)

4 komentar:

  1. Di bandung namanya bukan IKABARA mas, tapi IMABARA (Ikatan Mahasiswa Alumni Bahrul 'Ulum Bandung Raya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngapunten lur. kalau salah.. hehe. suwun koreksinya. terima kasih kunjungannya..

      Hapus
  2. Untuk HIMABU-Lamongan kok belum ada ya padahal banyak lo mahasiswa yg alumni Bahrul'ulum

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai saat ini memang belum ada organisasi mahasiswa alumni BU di lamongan yg membentuk organisasi formil. mayoritas tetap berkiprah di HISLA

      Hapus

Terima kasih atas masukan anda.