Selamat Hari Lahir Pancasila 2017

Selamat Hari Lahir Pancasila

01 Juni 2017- Selamat Hari lahir Pancasila, Pancasila itu satu, satu untuk pancasila. Bukan milik para golongan mulya atau bahkan yang berada di atas kasta.

Begitu banyak romantisme sejarah yang mencatat perjalannya, mulai BPUPKI dan PPKI dgn berbagai sidangnya, perumusan 3 tokoh penggiat Nusantara; Bung Yamin - Bung Soetomo -dan Bung Karno dengan menyebut langsung kata pancasila.

Lalu lambang burung garuda atas ide Sultan Hamid Dua. Panitia Sembilan dengan produk Piagam Djakartanya. Pro-kontra PKI tentang rencana mengubah dasar negara. Perdebatan 7 kata Sila pertama yang sarat emosi antar pemuka agama, hingga kelegowoan kaum pro islamis untuk menerima redaksi "Ketuhanan Yang Maha Esa".

Cerita berlanjut pada Orde baru Bung Harto dengan tafsiran mono tentang Pancasila sebagai asas tunggal berbagai ormas kala. penataran P4 butir-butir Pancasila. Pancasila ormas pemuda pancasila. Hingga menjadi saksi kejatuhan orde baru oleh para mahasiswa. 

Kisah Pancasila berlanjut pula di orde reformasi, orde yang serba terbuka dengan konsep demokrasi. Hingga muncul berbagai kisah penyikapan kembali Pancasila; mulai dari berbagai pelecehan baik lambang-sila-atau pun istilah. 

Ada pula wacana kembali nostalgia tentang Pancasila versi Piagam Djakarta oleh kaum yg tak terima. Hingga muncul pula gagasan pergantian Pancasila oleh beberapa kalangan yang dianggap sekuler produk manusia dengan Proyek Khilafah payung tunggal antar negara (Trans Nasional). Inilah Pancasila kita, banyak lika-liku dan perjuangan luar biasa.


Tidak ada komentar

Terima kasih atas masukan anda.