Ranting NU Pandak Kampiun Kirab Hari Santri MWC NU Sambeng


Salah satu delegasi pawai HSN 2017 MWC NU Sambeng

Sambeng -  Peringatan Hari Santri memang telah berlalu kurang lebih satu bulan lalu dengan berbagai macam peringatan dan sambutan  istimewa guna menyambut hari besar kebanggan. Tak terkecuali pihak MWC NU Sambeng yang kala itu tepat pada 22 oktober 2017 mengadakan lomba pawai kirab massal yang diikuti puluhan Ranting NU bawahan MWC NU Sambeng dari 22 Desa dalam lingkup Se-Kecamatan Sambeng. Berbagai kalangan multi dimensi mulai dari yang berlatar belakang pelajar di lingkungan ma’arif (RA, MI, MTs, MA) atau lembaga semi formal Madrasah Diniyah (Awaliyyah dan Wustho), hingga para kalangan berbagai lintas badan otonom NU (Ansor, Muslimat, Fatayat, IPNU, IPPNU) yang tersebar di seluruh penjuru ranting-ranting, kesemuanya melebur menjadi satu dalam sebuah wadah delegasi Ranting NU setempat.

Dari puluhan delegasi Ranting-Ranting se-Ancab Sambeng yang mengikuti gebyar kirab hari santri akhirnya diputukanlah delegasi unggulan yang diplot sebagai kampiun kirab Hari Santri Nasional MWC NU Sambeng edisi 2017. Dari berbagai kriteria penilaian seperti; kekompakan, kerapian dan ketertiban barisan, kelengkapan komposisi pasukan dari beraneka atribut, hingga kreatifitas tanpa batasan, akhirnya diputuskanlah oleh majlis dewan penilai bahwa Ranting NU Pandak berhak menerima penghargaan sebagai delegasi terbaik kirab Hari Santri Nasional 2017. Keberhasilan Ranting NU Pandak menggondol jawara kirab menyisihkan dua kompetitor lainnya Ranting NU Gempol dan Ranting NU Keduk sebagai Runner Up dan Peringkat Tiga terbaik.

Sebuah pencapaian luar biasa memang bagi Ranting NU Pandak yang terbilang tua di wilayah kerja kecamatan Sambeng. Dimana menurut sejarah setepat Ranting NU Pandak memang sudah ada sejak tahun 1950 dimasa pengabdian tokoh “lawas” semacam Moh. Sidik, Faqih, Nur Hadi, Ranu, dan lain sebagainya. Selain itu keberhasilan Ranting NU Pandak unjuk gigi sebagai kampiun kirab Hari Santri Nasional juga semakin menjadi penegas bahwa Ranting NU Pandak merupakan salah-satu Ranting NU di wilayah kerja MWC NU Sambeng yang terkenal akan nuansa geliat pergerakan untuk mengeksistensikan diri menghidupi organisasi Nahdlatul ‘Ulama sebagai mandat dari para ‘Ulama legendaris bangsa Indonesia. Hal ini dikuatkan dengan realita bahwa Ranting kecil di sudut Lamongan selatan tersebut secara lengkap terdapat lima Badan Otonom “wajib” ala NU (GP Ansor, Muslimat, Fatayat, IPNU, dan IPPNU) yang juga tidak hanya sekedar wadah perkumpulan saja, melainkan sebagai organsiasi yang benar-benar sebuah organisasi sebagaimana imbuhan “-sasi” yang mengharuskan untuk selalu berproses eksis menujukkan taji eksistensi dengan berbagai gebrakan dan kontribusi demi menghidupi panji sakti Nahdlatul ‘Ulama.

Nah, melalui rangkaian acara dalam agenda bulanan Yaumul Ijtima’ “Kamis Kliwon” (09/11/17) yang diadakan PAC Muslimat – Fatayat NU Sambeng yang bertempat di Ranting Kedung Pucang, diumumkanlah secara resmi para pemenang Kirab Hari Santri Nasional Se-Ancab NU Sambeng. Hingga berlanjut pula dengan pembagian piagam penghargaan pada perwakilan delegasi terbaik mulai dari Jawara, Runner Up, hingga Peringkat Tiga yang secara langsung diberikan oleh “Sutikno” selaku Ketua Tanfidhiyyah MWC NU Sambeng .

Keberhasilan Ranting NU Pandak menjadi kampiun Kirab HSN 2017 juga dipenuhi berbagai ucapan selamat dari beberapa pihak baik internal atau eksternal.

“ Selamat atas kemenangan Ranting NU Pandak sebagai yang pertama, dan terima kasih juga atas dukungnnya pada Ranting Mlurus sehingga bisa berangkat di setiap kegiatan. Sekali lagi terima selamat.” , papar salah satu kader Fatayat NU Ranting Mlurus melalui pesan singkat. (rnm/jpn)




Tidak ada komentar

Terima kasih atas masukan anda.