About Me

header ads

Kilas Balik Lahirnya FORMABU, Organisasi Terbesar Mahasiswa Alumni Tambakberas


Ketua FORMABU (Dua dari kiri)  menyerahkan penghargaan sayembara logo FORMABU kepada HIMAJU


FORMABU merupakan kependekan dari Forum Mahasiswa Alumni Bahrul ‘Ulum, sebuah Badan Otonom dari IKABU yang mempunyai peran menangani para alumni yang berstatus sebagai mahasiswa di sebuah perguruan tinggi. Organisasi ini dibentuk pada 14 Juni 2015 di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Adapun ide pendirian FORMABU bermula keinginan Gus Taufiq Djalil selaku ketua IKABU Periode 2011-2015 untuk menyatukan organisasi-organisasi mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum yang menjamur diberbagai daerah-daerah sepertihalnya HIMMABA di Malang, HIMABU di Yogyakarta, IMABAYA di Surabaya, HIMABI di Jakarta dan lain sebagainya.

Berdirinya FORMABU diawali dengan wacana tentang penyelenggaraan kongres nasional organisasi mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum yang kembali muncul ke permukaan pada April 2015. Usai Gus Taufiq  Djalil  selaku ketua  IKABU  yang  juga  merupakan  salah  satu  pendiri HIMMABA menagih janji kepada HIMMABA. Janji itu adalah kesanggupan melangsungkan kongres nasional organisasi mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum maksimal ketika Haflatul Kubra PPBU pada Juni 2015. Saat itu Gus Taufiq Djalil diundang HIMMABA Komisariat UIN Maliki Malang untuk mengisi materi pelatihan eL-OMt di Junrejo Batu.

Ultimatum dari salah satu penggagas HIMMABA sebagaimana diatas menimbulkan reaksi positif dari HIMMABA untuk sesegera mungkin mengadakan kongres Nasional Mahasiswa Alumni Bahrul Ulum. Akhirnya badan pengurus Harian (BPH) HIMMABA Pusat (Sekarang: HIMMABA Cabang) seperti M. Riris El Yusi dan Rizal Nanda Maghfiroh segera menyampaikan kabar tersebut kepada Shofi (HIMABU) selaku ketua panitia kongres nasional yang dipilih dari kesepakatan beberapa HIMA (Himpunan Mahasiswa Alumni) / IMA (Ikatan Mahasiswa Alumni) dengan IKABU dua bulan sebelumnya.

Tujuannya tentu saja untuk mendesak agar segera mengambil kepastian langkah, termasuk komando dalam mempersiapkan kongres nasional sebelum batas akhir yang telah ditentukan Gus Taufiq Djalil. Ultimatum Gus Taufiq Djalil sekaligus desakan dari HIMMABA pada akhirnya berdampak positif dengan terlaksananya kongres nasional organisasi mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum pada Juni 2015 bertempat di MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas, tepat satu hari sebelum Haflatul Kubra PPBU dilaksanakan. Meskipun realitanya agenda tersebut sempat mendapat perdebatan alot dengan beberapa HIMA / IMA terkait seberapa pentingkah membentuk organisasi mahasiswa indukan.

Puncaknya Kongres Nasional yang dihadiri oleh berbagai organisasi mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum seperti; HIMMABA, HIMABU, HIMAJU, HISAB, IMABAYA, HIMABI, serta FISMABA pada akhirnya berhasil melahirkan kesepakatan pendirian sebuah badan otonom IKABU di bidang alumni kemahasiswaan yang diberi nama FORMABU (Forum Mahasiswa Alumni Bahrul ‘Ulum) atas usul dari pihak HIMABU Jogja.

Sebelumnya juga sempat muncul opsi lain terkait nama organisasi yakni IKMABUN atas usul dari IMABAYA Surabaya, namun karena dirasa terlalu memiliki makna yang sempit dan terbatas dalam istilah IKMABUN akhirnya atas pertimbangan dari ketua IKABU dipilihlah nama FORMABU sebagai kepengurusan tertinggi organisasi mahasiswa alumni Bahrul ‘Ulum, mengingat istilah FORMABU memiliki makna yang lebih luas dan lebih relevan dari IKMABUN.

Kongres nasional tersebut mencapai klimaks usai Riris El Yusi (Eks Ketua HIMMABA Pusat) terpilih sebagai ketua organisasi yang baru dibentuk tersebut usai mengalahkan Faiz (HIMAJU). Unikanya dalam pemilihan yang dilakukan menggun akan sistem tertutup tersebut kedua kandidiat ketua memperoleh perolehan suara hingga tiga kali pemungutan suara.

Alhasil karena tidak memungkinkan mengadakan pemilihan terbuka atas terkendala waktu dan tempat akhirnya forum dilanjutkan dengan sistem musyawarah yang dipimpin langsung oleh Gus Taufiq Djalil selaku ketua IKABU untuk memilih siapa yang menjadi ketua FORMABU dari kedua kandidat. Atas pertimbangan beberapa aspek dari kedua kandidat maka diputuskanlah Moh. Riris El Yusi (HIMMABA) sebagai ketua FORMABU periode pertama.

Posting Komentar

0 Komentar