CTL: Mengorek Industri Minuman Legendaris, Sosro

Fokus: CTL SMP Islam Tikung 2019 di PT Sinar Sosro




Teh Botol Sosro merupakan sebuah minuman legendaris dikalangan masyarakat. Argumen ini bukanlah asal-asalan, karena memang Sosro merupakan produk teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia sejak 1940. Setidaknya itulah yang disampaikan oleh PT Sinar Sosro dalam website resminya.

Berbincang tentang perjalanan Teh Botol Sosro sebagai produk dari PT Sinar Sosro pastinya tak ada habisnya. Apalagi jika dituangkan dalam tulisan niscaya akan melebar kemana-mana. Sebab itulah fokus tulisan ini hanya terbatasi pada objek PT Sinar Sosro yang berada di Mojosari Mojokerto. Itu pun mungkin hanya terfokus pada objek yang diamati ketika agenda Contectual Teaching Learning SMP Islam Tikung pada 12 Desember 2019 lalu.

Kilas Balik Singkat

Berdasarkan simpulan yang didapat dari sejarah PT Sinar Sosro sebagaimana dicantumkan dalam website resminya, maka dapatlah diketahui bahwa usaha ini sudah ada sejak tahun 1940 dengan nama merk Teh Cap Botol. Meski demikian secara yuridis usaha ini baru resmi terdaftar sejak 17 Juli 1974 dibawah kepemimpinan Soegiharto Sosrodjoyo.

Adapun Penamaan ‘Teh Botol Sosro” baru mucul tahun 1969 sejak muncul ide untuk mengemas teh yang telah diseduh ke dalam botol kecap. Istilah ‘Teh Botol” diambil dari nama merk pendahunya, sedang “Sosro” dinisbatkan pada Sosrodjojo selaku pendiri yang memulai usaha di kota Slawi, Jawa Tengah pada tahun 1940.

Kondisi Objek

Setelah mengetahui kilas balik singkat Teh Botol Sosro sebagai penjajakan pemahaman produk. Maka alur pembahasan kembali ke objek utama yakni PT Sinar Sosro yang berada di Mojokerto.

PT Sinar Sosro yang berada di Mojokerto berlokasi di Meduran, Awang-Awang, Kecamatan Mojosari, Kota Mojokerto. PT Sinar Sosro yang berada di Mojokerto tersebut hanyalah unit Cabang produksi dari pusat yang berada di Bekasi. Artinya PT Sinar Sosro Mojokerto hanyalah mengurusi barang setengah jadi untuk diolah menjadi barang jadi. Yakni teh botol yang siap untuk distribusikan ke market dan otlet penjualan.

Meski hanyalah pabrik unit cabang produksi, sarana prasarana PT Sinar Sosro Mojokerto terbilang memadai. Diantaraya seperti adaya ruang kunjungan untuk para tamu, auditorium untuk pertemuan, laboratorium untuk pengamatan barang setengah jadi, hingga museum pameran produk sebagai bentuk teknik pemasaran dan edukasi publik.


Manajemen Pengelolaan Pabrik

Mengacu pada piagam perusahaan sebagaimana tertera dalam depan ruang auditorium PT Sinar Sosro Mjokerto, disebutkan bahwa visi PT Sinar Sosro Mojokerto adalah : 


Menjadi perusahaan minuman kelas dunia yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen kapan saja, dimana saja, serta memberikan nilai tambah untuk semua pihak terkait


            Dari visi tersebut terlihat jelas harapan dari PT Sinar Sosro tentang keinginan menjadikan Teh Botol Sosro mendunia untuk dinikmati semua pihak. Selain itu PT Sinar Sosro  Mojokerto juga membuat kebijakan mutu perusahaan untuk dijunjung semua pihak yang terlibat. 


Memproduksi minuman yang berkuakitas, unggul, dan aman sesuai dengan keingian pelanggan


Nah, untuk mewujudkan hal tersebut PT Sinar Sosro Mojokerto membuat sebuah kebijakan. Seperti pengoptimalan teknologi mesin dalam proses produksi. Sebab itulah dalam area pabrik pengemasan teh botol, karyawan yang bekerja hanya terbatas pada pengoperasionalan mesin. Seluruh rangkaian proses produksi teh botol sosro menggunaka mesin. Mulai dari pensterilan wadah botol dari bakteri, penuangan minuman teh yang telah dicampur soda, pelabelan, hingga pengemasan dalam kotak.

Untuk menjaga keamanan pabrik dari gangguan pihak luar, maka diberlakukan aturan ketat ketika memasuki pabrik. Mulai dari aturan memakai seragam lengkap, larangan melewati batas tertentu kecuali operator mesin, hingga larangan tamu pengunjung membawa kamera dan alat tulis ketika masuk area pabrik.

Lalu dalam rangka meningkatkan kuaitas produksi, maka disekitar area pengemasan juga terdapat ruang laboratorium penelitian untuk meneliti lebih lanjut kelayakan barang (teh) setengah jadi yang didatangkan langsung dari perkebunan teh binaan PT Sinar Sosro yang terdapat di daerah Jawa Barat seperti Cianjur, Garut, Bogor, hingga Tasikmalaya. 


Memasuki Area Depan Pabrik

Adapun untuk pengelolaan limbah produksi, PT Sinar Sosro Mojokerto juga tak lalai dalam proses manajemen pabrik. Sebagaimana penuturan Kak Nanda selaku salah satu karyawan pabrik yang saat itu menajadi pemandu kegiatan CTL. Dimana ia memerihatkan area belakang pabrik yang terdapat beberapa kolam besar untuk mengurai limbah teh. Uniknya limbah daun teh yang telah diurai dengan mesin pengurai nantiinya akan diolah kembali menjadi pupuk organik yang dapat dimanfaatkan para petani. 

Sementara air dari limbah tersebut akan disaring beberapa kali hingga berujung ke kolam indikator. Disebut kolam indikator karena disana terdapat ikan yang berfungsi sebagai indikator bersih atau tidak. Jika sudah bersih dan aman maka air yang telah melalui proses penyaringan tersebut dikembaikan lagi kealam untuk dapat dimanfaatkan menyirami tanaman.

Produk dan Pemasaran

Sebagai produsen teh, pastinya PT Sinar Sosro Mojokerto memiliki beberapa variasi dan jenis teh. Beberapa jenis teh yang sampelnya dapat kami temukan di ruang museum (galeri pameran) perusahaan diantaranya yaitu teh hijau, teh hitam, teh putih, teh wangi, hingga teh golong.

Dari macam-macam teh tersebut semuanya akan dibawa kedalam pabrik untuk diteliti dalam laboratorium, diolah ke mesin pengolahan, lalu berakhir dalam pengemasan berdasarkan merk dan label minuman.

Adapun PT Sinar Sosro sendiri tidak hanya mengeluarkan merk produk teh botol sosro jenis teh original. Tercatat berbagai merk yang juga diproduksi oleh PT Sinar Sosro, sebut saja; Fruit Tea (Teh rasa buah), Tabs, bahkan  air mineral meski dalam produksinya tidak dilakukan di PT Sinar Sosro Mojokerto.


Pemaparan Selayang Pandang PT Sinar Sosro

Sebagai bentuk promosi dan media penunjang pemasaran, PT Sinar Sosro Mojokerto tak lupa untuk membuat ruang museum pameran berbagai produk yang telah dikeluarkan. Termasuk pula berbagai tropi dan cinderamata penghargaan yang diperoleh PT Sinar Sosro. Dilokasi itu pula yang menjadi area start para pengunjung yang ingin mengetahui tentang seputar sosro. 

Ditempat itu pula kami para peserta CTL SMP Islam Tikung dijamu dengan sebotol fruit tea sebagai pencicip tentang produk yang telah dibuat. Kemudian dari produk teh yang diproduksi PT Sinar Sosro semuanya akan didistribusikan ke seluruh penjuru nusantara dengan lebih daro 150 kantor penjualan. [ ]


Mojokerto, 12 Desember 2019

Tidak ada komentar

Terima kasih atas masukan anda.