About Me

header ads

Resensi Buku: Sosilogi Pendidikan Islam, Penjajakan Awal Memahami Islam dalam Perspektif Sosial .

 



Buku karya Madekhan Ali berjudul  Pendidikan Islam dan perubahan Sosial ini terbilang menarik untuk dijadikan koleksi dan dirujuk sebagai referensi penambah wawasan bagi yang ingin mengkaji topik seputar fenomena sosial yang kaitkan dengan rana pendidikan islam. Tentu tujuannya tiada lain  agar sebagai alternatif solusi dari beragam permasalahan yang menggunung di rana masyarakat.

Secara sistematika pemaparan alur buku bergenre Sosiologi Pendidikan karya dari sosok yang berstatus sebagai Direktur Pascasarjana Universitas Islam Lamongan [UNISLA] ini terbilang mudah untuk dipahami. Bukan hanya bagi para mahasiswa namun juga berlaku bagi para pelajar tingkat sekolah menengah atau bahkan bagi khalayak umum yang terrtarik mengkaji seputar topik sosiologi pendidikan.  Mengingat Madekhan Ali meracik buku ini dengan sentuan yang mudah dicerna oleh kalangan awam, sepertihalnya alur bagian pertama buku yang diisi dengan pembahasan pengenalan seputar istilah “Sosiologi” dan kaitannya keilmuan tersebut dengan interaksi manusia, mengingat kajian sosiologi sendiri adalah manusia dan segala aktivitas yang ada didalamnya.

Bukan hanya mengupas pemahaman sosiologi dan urgensi keilmuan tersebut bagi manusia, pada bagian pertama buku karya Madekhan Ali ini juga mengupas beragam wacana  yang terlahir dari interpretasi dari ilmu sosiologi, seperti; Strata sosial, Status Sosial, Nilai sosial, Stratifikasi sosial, dan masih banyak lagi topik yang dibincang dalam bagian ini. Intinya pada bagian pertama ini Madekhan Ali benar-benar mengupas lebih dalam tentang garis besar dan ruang lingkup dari sosiologi pendidikan beserta apa saja yang dikupas didalamnya, sebelum menginjak bagian selanjutnya dari buku berjudul “Pendidikan Islam dan perubahan Sosial” ini.

Setelah mengenalkan tentang ilmu Sosiologi dan urgensinya bagi masyarakat, tak lupa juga Madekhan Ali memberikan sebuah pemahaman sosiologi secara lebih khusus, dalam hal ini membincang Sosiologi dalam perspektif islam.  Karena memang fenomena islam dan masyarakat merupakan bagian yang tak terpisahkan satu sama lain. Masyarakat merupakan subjek [pelaku] dari penerapan syari’at agama Islam sekaligus sebagai objek [sasaran] dari adanya ajaran islam. Sementara itu pola pikir masyarakat yang beragam tentu membuat paradigma keagamaan masyarakat pun berbeda satu sama lain.

Realita tersebut ditanggapi Madekhan dalam salah satu perkataannya tentang urgensi  Sosilogi Islam melalui buku ini. Dikatakan olehnya bahwa “Sosiologi Islam merupakan upaya mempelajari pola pikir masyarakat muslim ditengah dinamika politik, sosial ekonomi, maupun kesejarahan”.  Artinya untuk mengetahui maksud dan pesan dari aneka budaya keagamaan masyarakat muslim yang beragam satu sama lain, yang mana perbedaan tersebut pasti dipicu oleh sebuah stimulus atau dinamika sosial, ntah politik masyarakat, keretakan ekonomi, atau yang lain, tentu diperlukan sebuah kajian mendalam tentang Sosiologi islam.

Apalagi Syari’at Islam tidak hanya membincang tentang Hablum min Allah [hubungan manusia dengan tuhan] tetapi juga Hablum min An Nass [hubungan manusia dengan manusia] dan Hablum min ‘Alam [hubungan manusia dengan alam semesta], maka peran sosilogi menjadi sebuah hal vital untuk mengkaji tentang aneka pergolakan dalam ruang sosial. Tentu tujuannya sebagai alat bantu dalam memahami sebuah perintah ibadah bergenre sosial masyarakat sebagai salah satu sunnatullah. Persis seperti perkataan Madekhan dalam buku ini, “ Pentingnya pendekatan sosiologis dalam agama Islam dapat dipahami karena banyak sekali ajaran Islam yang berkaitan dengan masalah sosial. Pada sisi lain diharapkan bagi masyarakat muslim untuk memahami ilmu sosial sebagai upaya untuk memahami ayat-ayat Al Qur’an”.

Selain mengupas tentang pemahaman awal seputar sosilogi islam sebagai penjajakan setelah memahami hakekat ilmu sosiologi. Pada bagian selanjutnya dari buku karya Madekhan Ali ini juga disinggung aneka isu-isu sosial keagamaan beserta  pendapat para tokoh sosilogi yang dikupas habis oleh Madekhan Ali dengan menggunakan perspektif sosiologi pendidikan Islam.  Diantara isu-isu sosial yang dibahas Madekhan Ali sepertihanya;  Islam dan Perubahan Sosial, Sosiologi Pendidikan,  Pendidikan dan perubahan sosial, Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan, dan masih banyak lagi isu-isu sosial yang lainnya. – Rizal Nanda M

Posting Komentar

0 Komentar