Jum'atan Kilat Di Kota Santri


Masjid Dung Macan

Setiap Jum'at umat muslim laki laki diwajibkan menunaikan ibadah shalat Jum'at di masjid. Terkait dengan shalat Jum'at di Masjid tentu tak dipungkiri bahwa beberapa jamaah kerap kali memilih masjid yang estimasi waktu Jum'atannya lebih cepat dibanding masjid lain.

Di Jombang terdapat salah satu masjid yang unik nan favorit. Hingga menjadi sasaran para jamaah dalam ibadah shalat Jum'at masyarakat sekitar.

Kami menamainya Masjid Dung Macan, sesuai dengan nama lokasinya Kedung Macan. Terletak di daerah perempatan lampu merah Sambong santren.

Patung Macan

Lantas apa yang unik dari masjid tersebut. Lalu apa kaitannya dengan penyinggungan ibadah shalat Jum'at.

Jika dilihat secara sepintas, bangunan tersebut seolah tak menyerupai masjid. Malah terkesan seperti langgar atau musholla.

Namun siapa mengira bahwa masjid tersebut setiap Jum'at siang didatangi ratusan jamaah muslim untuk shalat Jum'at. Sepintas mungkin orang akan bertanya tanya tentang alasan masjid tersebut menjadi lokasi favorit.

Para jamaah

Sudah pasti itu bersinggungan dengan alokasi waktu shalat Jum'at. Dimana tak jarang banyak orang lebih memilih masjid yang Jum'atannya lebih cepat.

Nah, Jum'atan masjid Dung Macan Sambong terbilang "ekspres". Bayangkan,  khatib mulai naik mimbar pukul 11.39 WIB guna menyampaikan khutbah. Sedang selesai khatbah pukul 11.45, estimasi waktunya hanya enam menitan. Coba bandingkan dengan khatbah di masjid lain, atau mungkin masjid para pembaca.

Ini wajar karena khatbah di masjid dung macan hanya berisikan rukun rukun khutbah saja. Tidak memanjangkan khatbah dengan penjabaran hal hal lain diluar rukun. Toh bukankah suatu ibadah dikatakan sah apabila rukun dan syaratnya terpenuhi ?.

Sedangkan shalat Jum'at dua raka'at di masjid Dung Macan hanya menghabiskan waktu kurang lebih empat sampai lima menitan. Jika di bandingkan dengan masjid lain, kala jum'atan di Dung  Macan selesai maka masjid lain baru sampai awal khatbah di mulai. Bukankahnnya ini terbilang kilat sekali .

Maka tak khayal jika jamaah shalat Jum'at di masjid ini sungguh ramai sekali. Jumlahnya sekitar ratusan jamaah yang berbondong-bondong datang ke masjid.

Lima menit sebelum khatbah dimulai penjuru masjid pun langsung penuh. Bahkan dua karpet besar sebagai alat bantu penampung pun ikut penuh pula. Tak heran kalau banyak jamaah yang shalat di teras rumah warga sekitar, atau di pekarangan rumah dengan alas sajadah.

Bagi yang berkunjung ke Jombang pada hari Jum'at. Rasanya perlulah sesekali merasakan fenomena unik jum'atan kilat di Masjid Sing Macan Sambong, yang kurang lebih hanya menghabiskan durasi waktu delapan, sembilan, hingga sepuluh menitan untuk khatbah dan shalat.




Tulisan asli dirakit pada:
Jombang, 13 Juli 2018



Tidak ada komentar

Terima kasih atas masukan anda.